Tips Menjadi Konsultan Bisnis

BIG Consulting dalam bisnis konsultasi manajemen.

autonium

Pendahuluan Konsultan Bisnis

Selamat berjumpa kembali, diawal tahun baru 2018 ini. Kami akan menyajikan tips menjadi konsultan bisnis. Tulisan ini berdasarkan pengalaman penulis dalam menjalankan konsultan bisnis. Terjun menjadi konsultan bisnis bermula dari pengalaman penulis yang sering berinteraksi dengan berbagai konsultan kelas dunia atau big four consultant seperti Mc Kinsey, CSFB (Credit Suisse First Boston), Anderssen Consulting dan juga konsultan dalam negeri seperti Danareksa Securities Mandiri Securities, Triple A. Peran penulis kala itu yang bekerja di suatu perusahaan publik, pada saat perusahaan sedang ada proyek konsultasi , penulis biasanya menjadi tim internal perusahaan atau sebagai Counter Part.

Pengalaman Konsultan Manajemen

Setelah berhenti di perusahaan, selanjutnya penulis langsung menjadi konsultan di sebuah perusahaan konsultan manajemen sebagai partner. Sebagai konsultan pernah menangani berbagai perusahaan, baik itu perusahaan Blue cheap, BUMN, Bank Swasta, Perusahaan Swasta. Berbagai pengalaman diatas itulah yang saat ini akan saya share.

Untuk menjadi konsultan Bisnis memerlukan berbagai keterampilan. Keterampilan yang dibutuhkan diantaranya adalah keterampilan manajerial khususnya dalam hal pemecahan masalah (problem solving). Keterampilan ini haruslah dapat ditransfer kepada Klien. Hal ini diperlukan karena peran konsultan pada dasarnya adalah untuk membantu kepentingan klien.

Keahlian seorang konsultan yang diperlukan klien, pada umumnya adalah hal-hal yang potensial untuk menghemat operasional klien dan atau juga meningkatkan laba perusahaan klien. Dengan kata lain, dapat dikatakan bahwa yang dijual konsultan bisnis kepada klien adalah manfaat.

Manajemen Strategi

Macam keahlian yang dibutuhkan konsultan bisnis adalah keahlian-keahlian seperti manajerial, akuntansi, keuangan,manajemen strategi, marketing & Sales, Teknologi, bahkan saat ini juga dibutuhkan konsultan bisnis yang dapat memahami social media marketing.

Berbagai keahlian itu dipakai untuk membantu klien dalam memecahkan masalah yang ada di perusahaan saat ini dan juga perkembangan perusahaan ke depan. Untuk dapat memberikan solusi yang dapat bermanfaat bagi klien, seorang konsultan bisnis harus melakukan analisa berbagai fakta dan bukti yang berkaitan dengan perusahaan klien. Hasil analisa tersebut digunakan untuk memecahkan masalah klien.

Klien Konsultan Manajemen

Siapa calon klien yang bisa memanfaatkan jasa konsultan atau siapa yang menjadi pasar konsultan manajemen? Sebelum pertanyaan ini dijawab, kita perlu mengetahui terlebih dahulu alasan apa dan kenapa perusahaan atau orang mau memakai jasa anda. Umumnya klien mau menggunakan jasa anda, karena perusahaan menginginkan suatu problem jangka pendek dapat diselesaikan dengan cepat. Alasan lain yang mungkin terjadi adalah calon klien anda tidak dapat menyelesaikan masalah yang dihadapi dengan staff yang dimiliki karena alasan keterbatasan kemampuan dan keterbatasan waktu.

Ada alasan lain yang mungkin terjadi adalah klien anda ingin mendapatkan masukan berharga dari ahli dibidangnya. Masukan ini akan dipakai untuk memecahkan masalah atau membandingkan dengan apa yang telah dipikirkan oleh klien anda sebelumnya. Terkadang klien sudah memikirkan solusi namun mereka bisa saja belum sepakat dalam internal timnya klien.

Manfaat Konsultan Bisnis

Manfaat bagi klien yang paling berharga dari proses konsultasi adalah analisa dari konsultan bisnis mengenai masalah yang dihadapi serta metodologi pemecahan masalah dalam menghasilkan rekomendasi untuk pemecahan masalah yang di hadapi. Rekomendasi tentu harus didasarkan kepada bidang keahlian dari konsultan bisnis yang telah diuraikan diatas. Keahlian dari konsultan ini sangat penting bagi klien dengan tanpa perlu mengganggu kelangsungan atau kelancaran operasional klien.

Pertanyaan yang harus senantiasa ada di pikiran konsultan adalah mengapa klien menginginkan konsultan bisnis. Jawaban yang pertama adalah karena klien menginginkan suatu pandangan yang obyektif untuk dapat menyelesaikan suatu masalah bisnis klien yang penting.

Hal yang kedua adalah klien ingin analisa eksternal mengenai masalah yang dihadapi serta rekomendasi pemecahan masalah dari seseorang yang tidak mempertahankan posisi di hierarki organisasi perusahaan. Sehingga analisa dari konsultan bisnis harus sesuai dengan fakta atau bukti yang ada walaupun hal tersebut menyakitkan bagi organisasi. Ini sama dengan peran obat yang diperlukan bagi kesehatan bisnis klien.

Hal ketiga mengapa klien menyewa konsultan bisnis karena klien memiliki masalah yang sifatnya musiman atau muncul tak menentu atau dengan kata lain masalah ini tidak menerus sepanjang waktu. Kondisi ini sangat cocok menggunakan jasa konsultan yang bisa bekerja secara sementara. Hal ini akan dirasakan menguntungkan bagi klien daripada harus menggaji orang atau staff secara terus menerus.

Cara Memperoleh Klien

Bagi Konsultan, klien adalah sesuatu yang utama. Nah, bagaimana cara konsultan bisnis memperoleh klien? Berikut adalah beberapa tips, Sebagai konsultan bisnis janganlah ingin mendapat klien secara cepat dan langsung banyak, tetapi hal yang perlu dilakukan adalah senantiasa membangun reputasi terlebih dahulu. Hal yang bisa dilakukan dengan cara pembayaran yang tidak penuh misalnya. Tujuan melakukan ini adalah agar klien yang kelak sudah dibantu dari jasa konsultasi kita, bisa memberikan rekomendasi kepada orang lain, di jaringan yang dimiliki klien.

Apakah iklan bisa digunakan untuk mendapatkan klien. Umumnya konsultan tidak menggunakan cara ini karena kurang tepat. Kepuasan klien yang sudah bisa dibantu oleh konsultan bisnis , biasanya akan merekomendasi jasa kita kepada koleganya, dengan kata lain pola pemasaran konsultan banyak mengandalkan ketok tular (Word of mouth).

Hal lain yang dapat dilakukan secara tidak langsung mendapatkan klien adalah dengan menulis di media, atau memberikan kuliah umum dan mengisi seminar. Menulis buku juga penting bagi konsultan untuk mendapatkan klien, karena buku berfungsi sebagai show case.

Aktifitas Konsultan Manajemen

Kegiatan marketing konsultan bisa juga dilakukan dengan pengiriman surat/email secara khusus, courtesy call melalui telepon, juga dapat menggunakan social media untuk memperkenalkan diri secara langsung maupun tidak langsung.

Selanjutnya langkah-langkah penjualan jasa konsultan terdiri dari empat langkah yaitu yang pertama presentasi sebagai perkenalan konsultan, tim, pengalaman, perusahaan konsultan. Langkah kedua adalah melakukan wawancara antara konsultan berserta timnya dengan calon klien. Dalam tahap ini dipergunakan untuk saling memahami keinginan dan mengidentifikasi kebutuhan klien. Apabila ada kesesuaian maka dilanjutkan langkah ketiga yaitu pitching. Dalam tahap ini konsultan memaparkan konsep identifikasi masalah, konsep atau metodologi yang diajukan, waktu dan jumlah anggota tim konsultan yang dibutuhkan serta besarnya biaya jasa konsultasi. Bila tahap ini dapat dilalui maka selanjutnya menginjak tahap keempat yaitu closing (menutup penjualan) yang biasa dituangkan dalam kontrak.

Tips

Khusus dalam tahap wawancara dapat diberikan tips yang perlu diperhatikan bagi konsultan. Wawancara sangat penting maka konsultan sangat perlu mengidentifikasi kebutuhan calon yang anda temui. Hal ini perlu dilakukan, agar kelak pada proses presentasi bisa diketahui atau ditentukan apa yang akan disampaikan pada calon klien. Dalam tahap ini konsultan harus sudah punya bayangan dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan, apakah yang telah dilakukan calon klien sebelumnya dalam rangka mengatasi masalah yang ada. Pertanyaan kedua adalah apakah calon klien sudah menggunakan jasa konsultan lain sebelumnya. Jika sudah menggunakan konsultan lain, perlu diketahui bagaimana hasilnya. Juga perlu mengetahui apa yang sudah dilakukan klien serta rencana klien di masa yang akan datang. Tips terpenting dari tahap wawancara adalah jangan memberikan saran apapun sehubungan pertanyaan anda kepada calon klien.

Setelah wawancara adalah tahap pitching. Pitching adalah proses presentasi konsep awal konsultan bisnis. Ini merupakan satu langkah terakhir untuk mendapatkan klien. Dalam tahap ini hindari terlalu banyak basa basi tetapi usahakan langsung kepada point yaitu konsep pemecahan masalah. Ketika melakukan presentasi perhatikan intonasi suara anda. Perlu jelas dan enak didengar. Hal penting yang perlu dilakukan juga adalah jangan terlalu bersemangat karena akan kelihatan anda sangat butuh proyek konsultasi ini, namun fokus lah pada keunggulan yang anda miliki. Untuk itu cara presentasi yang unik sangat membantu agar klien punya ketertarikan kepada anda. Hal yang juga penting adalah anda harus jujur. Jujur apakah anda mampu menyelesaikan masalah klien berdasarkan keahlian yang dimiliki dan pengalaman anda sebagai konsultan. Kalau anda tidak mampu ada baiknya anda tidak mengambil atau proyek konsultasi, karena menyangkut reputasi. Dengan memperhatikan beberapa tips atas niscaya akan membuat anda percaya diri dapat membantu klien.

Konsultan Bisnis

Demikian beberapa tips untuk yang bisa disampaikan, semoga anda bisa menjadi konsultan bisnis yang sukses. Tulisan ini juga dapat dilihat dalam versi youtube. Gambar diatas adalah photo Autonium yang merupakan Ikon dari kota Brussel. Brussel adalah ibukota masyarakat eropa. Di kota ini policy bisnis negara-negara eropa banyak ditentukan, yang mempengaruhi kesuksesan bisnis negara-negara eropa .

Salam sukses.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *