Strategi Bisnis BPR di Era Digital

bank di era digital

Era digital telah mengubah kondisi market pada masa kini dan akan mengubah market di masa yang akan datang.  Begitu juga dengan bisnis  Bank Perkreditan Rakyat (BPR) sangat menantang, karena banyak BPR yang bisnisnya  menurun dan bahkan ada  juga yang sudah merugi. Untuk itu  BPR  perlu  senantiasa  melakukan atau memperbaharui strategi bisnis BPR di era digital . 

Era digital

Di era digital telah memunculkan produk-produk baru yang mempengaruhi bisnis bank dan juga bisnis BPR,  produk P2P (peer to peer) lending sangat mempengaruhi bisnis kredit perbankan. Selain itu produk digital seperti crowd funding, juga diperkirakan akan mempengaruhi bisnis perbankan disisi simpanan dan tabungan.

Kecepatan dan jangkauan adalah dua hal yang menjadi keunggulan produk keuangan berbasis digital.

BPR ( Bank Perkreditan Rakyat)

Tantangan  bisnis BPR sangat  berbeda di era digital, pertumbuhan pesat teknologi financial (Tekfin) telah dan akan terus mempengaruhi bisnis BPR. Saat ini  Tekfin sudah bisa menyalurkan kredit melalui P2P ( peer to peer)

Belum lagi di tahun 2020 pemerintah berencana menurunkan bunga KUR (Kredit Usaha Rakyat) dari 7% menjadi 5%. Hal ini juga pasti akan berdampak negatif kepada bisnis BPR.

Strategi Bisnis

Untuk dapat bertahan dan  bertumbuh, BPR harus terus memperbaharui strateginya agar relevan dengan perkembangan zaman.

Salah satu strategi untuk memperkuat manajemen bisnis BPR yaitu dengan memperkuat manajemen bisnis intermediasi.

Intermediasi merupakan legal standing dari sebuah bank termasuk bank perkreditan rakyat (BPR) yang tidak dimiliki oleh Tekfin.  Posisi ini harus dioptimalkan.

Manajemen bisnis intermediasi perlu mengadopsi perkembangan teknologi untuk bisa berkompetisi dengan tekfin. Pemilihan teknologi yang murah atau sesuai dengan kemampuan adalah salah satu cara untuk bisa adaptif di era digital

Di era digital hampir semua bisnis, mau tidak mau harus melakukan investasi  dibidang teknologi sistem informasi. Namun strategi penguatan bidang teknologi informasi bukanlah investasi yang murah, masing-masing usaha harus cermat dalam  mengkalkulasi sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan.

Strategi  harus menjawab tantangan untuk menjadikan produk perbankan yang kompetitif,  baik untuk  produk tabungan maupun produk kredit.  Selain itu juga perlu   membuat strategi manajemen risiko, kedua strategi  untuk mencapai hasil bisnis yang paling optimal.

Untuk menentukan arah, tips praktis bisnis adalah follow the money, yaitu kemana uang akan mengalir kesitu bisnis di arahkan.

Strategi marketing.

strategi push dan pull dibangun atas konsep community dan digital marketing. produk intermediasi baik untuk produk perbankan seperti produk simpanan atau tabungan serta produk kredit.

Strategi mengelola  Risiko

Walaupun BPR adalah bank yang ukurannya kecil, perlu melakukan manajemen risiko. risiko terbesar dari  BPR adalah kredit macet. Tingkat kredit macet/ NPL   UMKM sangat tinggi dibanding segmen Corporate

Konsultan Manajemen Bisnis

Untuk Penyusunan strategi bisnis bisa dibantu oleh konsultan manajemen bisnis. Jika menggunakan konsultan bisnis, maka  konsultan bisnis akan menggunakan   metode riset bisnis.

Riset  mulai menentukan posisi BPR  yang bersangkutan saat  ini. Dari hasil analisa akan mempengaruhi visi selanjutnya.  Visi akan didesain  untuk menjawab tantangan pasar yang berubah di Era digital.

Selanjutnya  yang tidak kalah penting adalah bagaimana memperbaharui strategi bisnis, agar BPR bisa tetap relevan dengan era digital pada saat ini maupun masa akan datang.

metodologi konsultan bisnis  dimulai dengan melakukan analisis bisnis perlu dilakukan secara mendalam agar menentukan posisi saat ini dan mencari peluang akan bisnis BPR dapat bertahan dan bertumbuh

Setelah paham dengan posisi maka langkah selanjutnya  menentukan kemana perusahaan akan menuju atau Visi baru.  Penyusunan Visi dengan memperhitungkan senantiasa. logistik, kekuatan, kelemahan, kesempatan atau ancaman.

Perlu info lebih lanjut mengenai konsultan manajemen bisnis, hubungi kami.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *