Konsultan Bisnis

konsultan bisnis progresif

Perusahaan ketika sedang dalam kondisi krisis sering mengunakan jasa konsultasi. Sehingga konsultan juga bekerja dalam mode krisis. Alternatif dari kondisi ini adalah perusahaan mengunakan jasa konsultasi dalam kondisi tenang. Perusahaan bisa berpikir lebih jernih untuk masa depannya. klien perlu mencari Konsultan Bisnis Progresif.

Krisis Bisnis

Sinyal penurunan performansi biasanya mulai dengan penurunan penjualan secara terus menerus. Penurunan itu tidak terjadi dengan kompetitor. Perusahaan kompetitor malah menunjukan pertumbuhan.

Dalam kondisi kritikal perusahaan sedang mengalami situasi bisnis yang tidak menguntungkan. Misalnya perusahaan kalah dari pesaing. Bisa karena produk atau jasa yang ada,mengalami penurunan performansi.

Mode krisis akan muncul setelah adanya penurunan pertumbuhan sedangkan kompetitor tumbuh bagus. Dari penurunan penjualan berdampak kepada kesulitan lain misalnya perusahaan kehilangan pelangan, sumber daya manusia dan pemasok . Akhirnya terus memperburuk kondisi keuangan perusahaan.

Konsultan Progresif

Situasi di atas umum terjadi. Ketika perusahaan ketika perusahaan sedang krisis. Perusahaan biasanya menggunakan konsultan bisnis. Kondisi demikian akhirnya menjadi persepsi umum, bahwa konsultan bisnis adalah hanya untuk menyelesaikan masalah (problem solver) klien.

Nokia hancur alias hilang dari peredaran, karena ketika kondisi tenang, tidak memikirkan masa depan dengan baik. Ketika krisis datang semua sudah terlambat.

Klien dan konsultan bekerja dalam kondisi krisis untuk menyelesaikan masalah bisnis. Tidak ada yang salah dengan kondisi demikian, Perusahaan perlu pertolongan untuk menyelamatkan konndisi krisis atau menyelesaikan masalah bisnis lainnya.

Konsultan bisnis

Berbeda dengan kondisi diatas, Konsultan progresif bekerja dengan situasi yang lebih tenang. Klien dan konsultan bekerjasama untuk melakukan perubahan progresif.

Konsultan yang punya pengalaman, akan selalu mendorong klien untuk berubah secara progresif.

Klien

Prasayarat agar konsultan bisnis progresif bisa bekerja dengan efektif jika klien juga mempunyai pola pikir yang progresif.

Artinya klien secara sadar berkeinginan agar bisnis tumbuh secara progresif.

Namun bukan hanya pola pikir namun juga pola tindak untuk mengeksekusi rekomendasi yang ada.

Jasa Konsultasi Manajemen

Konsultan progresif akan menggunakan ilmu bisnis dan manajemen yang progresif. Mereka akan mengidentifikasi berbagai peluang yang ada. Setelah melalui review yang seksama akan memberikan rekomendasi untuk masa yang akan datang (future) . Rekomendasi inilah yang akan membawa performansi progresif.

Demikian lah jasa konsultasi manajemen dalam membantu klien untuk menghasilkan pertumbuhan bisnis klien yang progresif

Leave a Comment