Cara Menghindari Gagal Bisnis

Cara menjadi kaya di dunia ini dengan berbisnis…

Rettail Stores (Big Corp: Konsultan Bisnis)

Bisnis

Cara menjadi kaya di dunia ini adalah dengan berbisnis. Ini dapat dibuktikan dengan melihat daftar orang terkaya di dunia sepanjang zaman. Kekayaan mereka berasal dari bisnis. Karena itu tidak heran banyak orang yang ingin memiliki usaha atau bisnis sendiri, bahkan mungkin sudah ada yang memulai usaha sampingan dengan mencoba memanfaatkan peluang usaha yang ada. Namun dengan beriringnya waktu, banyak usaha yang dimulai berakhir gagal atau kalau pun masih berjalan, kondisi nya terseok-seok. Uraian berikut akan menguraikan tip menghindari gagal bisnis.

Menjadi pengusaha bukanlah hal yang mudah, membutuhkan banyak hal, mulai dari masalah mental, dimana pengusaha dituntut punya keuletan, kesabaran, kecerdasan dan motivasi yang kuat untuk bertahan hingga sukses. Tahu kah anda perusahaan terbesar di dunia saat ini google hanya dimulai oleh dua orang saja, dari bisnis rumahan dengan modal yang sangat kecil atau face book dimana pemiliknya yaang bernama Zuckerberg mulai juga dengan hal kecil tanpa modal dan boleh dikata mereka mulai dengan usaha rumahan.

Nah, dalam tulisan kali ini disajikan beberapa fakta usaha kecil atau sering kita kenal UKM (Usaha Kecil & Menengah). Tujuannya adalah agar sebagai pengusaha yang baru terjun ke dunia bisnis atau sudah terjun tetapi belum sukses, mengetahui cara apa yang membuat usaha sukses. Pengetahuan fakta ini berguna bagi membuat bisnis kita tidak jatuh sehingga tahu cara mencari tip jitu untuk mengatasi berbagai hal yang bisa membuat bisnis sukses.

Bantuan Dari Konsultan Manajemen Bisnis

Kesuksesan bisa tercapai kalau kita bisa memanaje fakta-fakta yang ada, dan membalikannya menjadi hal yang membuat bisnis kita sukses. Tidak ada salah juga apabila kita berdiskusi dengan orang yang berpengalaman dalam memanaje bisnis untuk mencari berbagai tip seperti dari konsultan manajemen bisnis. Berdiskusi peluang usaha yang ada dengan orang yang kita kenal dan telah berhasil memanaje bisnis merupakan salah satu cara yang disarankan.

Usaha

Konsultasi dengan orang berhasil di bisnis salah yang bisa dijadikan tip, cara ini sama dengan melakukan konsultasi manajemen bisnis secara gratis. Nah kembali ketulisan ini apa saja fakta-fakta tentang usaha kecil. Yang pertama menurut statistik bahwa bisnis sekala kecil 40 % tidak menguntungkan, sedangkan 30% terus mengalami kerugian dan yang 30 % bisa balik modal. Dengan mengetahui fakta ini, maka kita disarankan apabila akan memulai usaha mempertimbangkan dengan matang bahwa tingkat keberhasilan usaha kecil adalah 30%. Persentase ini cukup kecil, hanya kurang dari sepertiga namun tetap bisa menguntungkan atau bisa mengembalikan modal yang ditanam.

Fakta kedua kegagalan terjadi 50 persen pada tahun pertama dan 95 persen terjadi pada tahun ke lima. Data ini menunjukkan kita harus memikirkan bagaimana bisnis atau usaha kita bisa bertahan pada tahun ke satu dan bisa melewati tahun ke lima. Tahun pertama sangat kritis karena perlu persiapan yang baik agar bisa bertahan pada tahun 1. Asumsinya untuk bisa bertahan kita perlu modal yang mencukupi untuk mentupi operasi atau kegiatan pada tahun pertama, skenario terburuk misalnya penjualan tidak sesuai dengan yang direncanakan maka biaya-biaya untuk tahun pertama sudah tersedia sehingga perusahaan masih bisa bertahan pada tahun pertama. Tentu saja harus dilakukan evaluasi secara menyeluruh untuk mencari tahu kenapa yang direncanakan tidak sesuai dengan yang diharapkan.

Apabila tahun pertama sudah dilalui maka perhentian selanjutnya adalah tahun ke 5, hal yang sama perlu dilakukan seperti tahun pertama, kalau kita melangkah dari tahun kedua , asumsinya kita sudah menemu kenali permasalahan di tahun pertama, dan melakukan perbaikan total di tahun kedua sampai dengan tahun ke 5. Misalnya dengan cara menemu kenali masalah tahun pertama adalah kekurangan keahlian berbisnis dari pemilik usaha, maka cara untuk memperbaiki sudah dilakukan pada tahun kedua. Perbaikan tersebut misalnya dilakukan dengan cara berkonsultasi dengan konsultan manajemen bisnis.

Fakta ketiga adalah usaha kecil dengan pekerja atau karyawan di bawah dua puluh orang , punya peluang usaha tersebut bisa bertahan selama empat tahun dan sembilan persen bisa bertahan sampai sepuluh tahun. Logis karena dalam usaha kecil gaji karyawan mempunyai porsi terbesar dalam bisnis. Jadi dari data ini kita sangat penting, cari cara dalam manaje karyawan, jangan sampai berlebih karena menimbulkan pemborosan dan tidak produktif buat usaha. Namun juga jangan kekurangan, karena akan menghambat operasional usaha kita. Manajemen sumber daya manusia adalah hal krusial dalam bisnis usaha sekala kecil. Bahkan sampai usaha sekala besar pun manajemen sumber daya manusia sangat menentukan sukses atau tidaknya sekala besar. Sering kali apabila skala bisnis bertambah besar, pemilik bisnis membutuhkan jasa profesional dari konsultan manajemen bisnis untuk mengelola perkembangan bisnisnya.

Usaha Kecil

Usaha kecil yang sering menjadi pilihan adalah yang pertama restoran/rumah makan/cafe, kedua adalah toko atau jualan retail dan yang ketiga adalah penjualan langsung misalnya penjualan baju secara on line.Kita akan bahas satu persatu dengan mulai dengan bisnis restoran atau rumah makan atau cafe. Tingkat Kegagalan 60% atau tingkat keberhasilan 40%. Kegagalan terjadi karena pemilik biasanya hanya ahli membuat makanan atau minuman, tidak punya kemampuan berbisnis. tidak didukung dengan kemampuan memasarkan produk makanan dan minuman yang dijual di restoran atau rumah makannya. Kemampuan lain adalah kemampuan pemilik dalam menambah atau meningkatkan modal. Biar bagaimanapun usaha rumah makan, restoran atau cafe perlu modal, terutama ketika ingin mengembangkan usaha ini. Pengembangan misalnya dilakukan dengan membuka cabang dari restoran yang sudah ada.

Bisnis yang kedua yang kita bahas adalah Toko Retail, misalnya toko retail, yang banyak ada misalnya toko penjualan pakaian, kelontong atau toko special misalnya toko besi atau outlet pulsa dan handphone, toko komputer, toko kue, toko besi. Tingkat kegagalan usaha ini adalah 80% atau dengan kata lain tingkat keberhasilannya 20%. Kegagalan ini karena tingkat persaingan atau kompetisi yang sangat tinggi.

Dalam usaha ini marketing adalah kunci keberhasilan. Pemasaran yang baik bertujuan agar pelanggan mau datang ke toko kita. Hal ini dilakukan dengan melakukan promo terus menerus untuk menarik minat calon pelanggan. Selain itu lokasi juga menjadi penentu keberhasilan bisnis ini. Namun hal ini mempunyai kendala pada biaya sewa. Tempat yang ramai pengunjungnya, di tempat-tempat strategis biaya sewanya mahal. Ini perlu sangat diperhitungkan karena apakah penjualan yang akan terjadi bisa menutup biaya sewa. Tempat yang ramai tetap juga memerlukan promo agar orang yang ramai mau dan berminat mampir ke toko kita.

Tempat yang sepi pengunjung biasanya biaya sewanya murah. Jelas di lokasi seperti perlu pemasaran yang dahsyat untuk mendatangkan pengunjung dan juga membuat pengunjung minat melakukan pembelian produk yang di jual.

Usaha atau bisnis eceran

membutuhkan modal yang besar terutama modal di awal , modal tersebut adalah untuk biaya persediaan barang yang dijual (merchandise), biaya sewa tempat, biaya pegawai dan biaya pemasaran. Bisa memanaje dengan baik hal-hal ini akan membuat membuat bisnis retail berhasil.

Dan bisnis terakhir yang kita bahas adalah bisnis penjualan lansung , entah menjadi agen penjual produk-produk tertentu misalnya penjualan mesin, asuransi, produk kesehatan, kecantikan.Untuk sukses di usaha ini, pemilik harus mempunyai keahlian dalam produk dan keahlian dalam menjual produk tersebut. Tanpa hal ini akan sulit. Penguasaan produk dilakukan dengan pelatihan dari pemilik brand.

Selain itu juga harus memiliki contoh produk. Contoh produk macam-macam cara mendapatkannya bisa saja diberikan oleh pemilik brand tetapi juga terkadang harus dibeli oleh pemilik usaha penjualan ini.

Tingkat kegagalan penjualan jenis ini sangat tinggi karena tingkat kegagalan bisa mencapai 99 persen. Susah melakukan penjualan langsung dan selain itu yang menjalankan bisnis ini biasanya motivasi menjadi lemah karena sering ditolak oleh pembeli, karena datanya hanya 20 persen produk eceran yang dibeli dari produk representatif

Konsultan Manajemen

Jadi dapat kita ringkas tulisan ini, apabila usaha atau bisnis belum berhasil, penyebabnya adalah karena sebagai pengusaha, tidak bisa berkompetisi di bisnis yang digeluti, kekurangan modal, kurangnya keahlian, lokasi usaha yang tidak ramai, pemasaran yang buruk, kurangnya keahlian dalam menjual dan kurangnya motivasi. Sekali lagi solusinya adalah sebagai pengusaha atau calon pengusaha bisa berdiskusi dengan orang yang sudah sukses dalam bisnis yang digeluti atau menggunakan jasa profesional seperti konsultan manajemen bisnis. Dari diskusi yang dilakukan kita dapat mengetahui tip apa yang membuat mereka sukses. Misal bila kurang modal kita dapat cari cara untuk mendapatkan Tip menambah modal usaha, atau tip permasaran usaha dengan melakukan pemasaran secara online. Berbagai tip sukses adalah cara menghindari gagal bisnis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *