BIG Data Untuk Sukses Performansi Perusahaan

Big Data untuk sukes performansi perusahaan

Perusahaan setiap saat menghasilkan informasi ketika melakukan aktivitas bisnis. Contohnya informasi pelanggan ketika berinteraksi dengan perusahaan. Calon pelanggan juga berinteraksi dengan kompetitor untuk memperoleh pembanding. Ini merupakan salah satu informasi eksternal. Selain itu era digital menghasilkan banyak data dari berbagai sumber. Untuk itu perusahaan penting memanfaatkan informasi yang banyak dan besar atau Big data agar dapat mencapai sukses performansi Perusahaan

Big Data

Big data mempunyai pengertian  sebagai sekumpulan besar informasi kompleks, baik tidak terstruktur maupun terstruktur. 

Penggunaan informasi besar adalah untuk dapat mengungkap wawasan mendalam dan memecahkan masalah bisnis.

Hal seperti ini sebelumnya tidak dapat diatasi dengan analitik atau perangkat lunak konvensional.

Contohnya saat ini para Scientist biasanya memanfaatkan analisis dengan kecerdasan buatan (artificial intelengent). Analisis bermanfaat untuk mengevaluasi kumpulan informasi komprehensif secara konstruktif. Hal ini berguna mengungkap pola dan tren yang dapat memberikan wawasan bisnis yang bermakna.

Sumber informasi perusahaan bisa berasal dari pelanggan dan sosial media untuk mengetahui kompetitor dan apa yang di sukai pelanggan.

Berikut adalah contoh sumber informasi besar internal seperti keuangan, operasi,  SDM dan POS (Point of Sale). Data eksternal dari media sosial dan data dari seperti google seach console.

Semuanya itu untuk mengetahui perilaku pelanggan apa yang disukai dan faktor yang membuat keputusan membeli.

Dengan mengetahui perilaku pelanggan, selanjutnya Perusahaan  dapat membuat strategi perusahaan berdasarkan produk yang disukai pelanggan, pemasaran  yang lebih efektif dan operasi yang lebih efisien.

Analitik

Perlu proses analitik, agar dapat menjadi keunggulan bagi perusahaan. Untuk itu maka yang akan dilakukan perusahaan sebagai berikut :

  1. Bangun mindset data driven, di semua jajaran perusahaan.
  2. Set up flow data dan lakukan proses sehingga bisa menghasilkan informasi ,  secara optimal di jajaran pengambilan keputusan di perusahaan
  3. Buat dashboard, untuk menyajikan informasi 2 yang memuat metrik penting dalam meningkatkan performansi perusahaan

Jadi big data merupakan input untuk proses analitik.

Proses analitik dengan analisis deskritif untuk memperoleh output yaitu mengetahui apa yang sudah terjadi.

Sedangkan proses Analisis prediktif untuk mengetahui apa yang akan terjadi di masa depan.

Selain itu analisis preskriptif untuk mengetahu apa yang harus dilakukan untuk kemajuan atau meningkatkan performansi bisnis.

Akhirnya dengan melakukan proses analitik, perusahaan mempunyai peluang mendapatkan kapabilitas yang membedakan ( dinstintive capability) dari kompetitor.

Jasa Konsultasi Manajemen Bisnis

Selain itu, perusahaan bisa meminta bantuan konsultan bisnis seperti BIG Corp. Untuk mendampingi perusahaan  bagaimana memanfaatkan BIG data untuk membuat keunggulan kompetitif melalui proses analitik

Perilaku pelanggan dan lingkungan strategis perusahaan sering kali berubah. Untuk menangkap hal ini, seperti uraian diatas, perusahaan bisa memanfaatkannya

Selanjutnya perusahaan bisa mempertimbangkan bantuan dari konsultan. Guna mencari strategi,  yang mempunyai probabilitas besar bagi kliennya, agar sukses meningkatkan performansi perusahaan.

Leave a Comment